Senin, 13 Mei 2013

manfaat daun sirih


MANFAAT DAUN SIRIH










Daun sirih (dalam bahasa Latin disebut Piper betle L) bisa tumbuh pada daerah yang beriklim tropis, sehingga sangatlah wajar jika di Indonesia sangat banyak kita jumpai tanaman sirih ini. 
MANFAAT DAUN SIRIH UNTUK OBAT TRADISIONAL :
Dalam daun sirih terkandung eugenol yang memiliki sifat antifungal . Dengan sifat antifungal ini, daun sirih dapat digunakan untuk menghambat tumbuh dan berkembangnya yeast (sel tunas) dari Candida albicans.

Daun sirih juga mengandung zat antiseptik yang berperan dalam membunuh bakteri. Sifat antiseptik yang dimiliki daun sirih disebabkan dari turunan fenol yaitu kavikol, dimana sifat antiseptiknya 5x lebih efektif bila dibandingkan fenol biasa.

Selain dari dua sifat diatas, Daun sirih juga memiliki efek antibakteri terhadap Streptococcus mutans, Streptococcus viridans, Streptococcus sanguis, Staphylococcus aureus, dan, Actinomyces viscosus.
BEBERAPA MANFAAT DAUN SIRIH :
Dibawah ini adalah beberapa manfaat daun sirih sebagai tanaman obat serta bagaimana cara meramu dan menggunakannya sebagai obat :
  1. Mengobati pendarahan pada hidung / mimisan : 1 lbr daun sirih agak muda dilumatkan , gulung sambil ditekan sehingga keluar minyaknya. Gunakan untuk menyumbat hidung.
  2. Sebagai obat batuk : Rebus 15 lembar daun sirih dengan tiga gelas air sampai tersisa ¾ air. Minum air rebusan tersebut dengan menambahkan satu sendok madu. Lakukan hingga batuk hilang.
  3. Sebagai obat bronchitis : daun sirih  sebanyak 7 lbr, gula batu satu potong direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa satu gelas. Minum 1/3 gelas dengan aturan 3 x sehari.
  4. Obat luka bakar : peras daun sirih secukupnya, tambahkan madu sedikit, lalu bubuhkan pada bagian kulit tubuh yang luka akibat terbakar.
  5. Menghilangkan bau badan : rebus 5 lembar daun sirih dengan 2 gls air sampai menjadi 1 gls, minum secara rutin tiap hari.
  6. Mengobati bisul : Cuci daun sirih secukupnya, giling hingga halus, lalu bubuhkan pada bisul dan sekelilingnya. Kemudian dibalut. Lakukan 2x sehari.
  7. Menghilangkan aroma kurang sedap pada mulut : 4 lembar daun sirih,diseduh air panas, tunggu sekitar 1 jam. Gunakan sebagai obat kumur.
  8. Mengobati sariawan : 2 lembar daun sirih segar dicuci, lalu kunyah sampai lumat oleh mulut anda. Buang ampasnya.
  9. Mengobati keputihan : Rebus 10 lbr daun sirih menggunakan 2,5 ltr air, angkat, lalu pada kondisi air hangat gunakan untuk mencuci bagian kemaluan.
  10. Obat jerawat : tumbuk 10 lbr daun sirih hingga halus, Seduh dengan dua gls air panas. Setelah dingin, gunakan air seduhan tersebut untuk mencuci muka. Lakukan sehari 2 sampai 3 kali.
  11. Mengobati diare : 6 lbr daun sirih, 6 biji lada, 1 sdm minyak kelapa. Tumbuk semua bahan sampai halus, gunakan sebagai obat gosok pada bagian perut.
  12. Mengurangi air ASI berlebih : ambil daun sirih secukupnya, lalu olesi dengan minyak kelapa, panaskan diatas api sampai layu, hangat-hangat tempelkan diseputar payudara yang bengkak.
  13. Mengatasi mata merah dan gatal : rebus 6 lbr daun sirih menggunakan 1 gls air hingga mendidih. Setelah air rebusan dingin, gunakan untuk mencuci mata. Lakukan 3x sehari sampai mata anda sembuh.
  14. Tanaman Hias : Daun sirih juga bisa dijadikan untuk menghiasi rumah anda. Anda bisa menanam tanaman daun sirih ini di pot dan letakkan ditempat yang enak dipandang. Mungkin bisa anda taruh di dekat kamar mandi, ataupun di teras atap rumah.
  15. Pengusir Serangga : Serangga seperti semut tidak menyukai bau minyak atsiri yang dikeluarkan oleh daun sirih. Jika anda hendak ingin mengusir semut dari tempat tertentu, silahkan gunakan saja daun sirih. Caranya juga cukup mudah, anda tinggal ambil beberapa daun sirih lalu potong menjadi beberapa bagian dan taruh di lokasi yang anda inginkan.

  16. Untuk Snack : Daun sirih juga bisa disulap menjadi snack (makanan ringan) yang enak dimakan. Salah satunya dengan membuat keripik daun sirih. Bahan yang digunakan untuk membuat keripik daun sirih ini adalah garam, ketumbar, kunir, bawang putih, tepung beras, telur dan sedikit air. Untuk mengolahnya, tumbuk ketumbar, kunir, bawang putih, kemiri dan garam menjadi halus. Lalu masukkan kedalam baskom dan campur dengan telur dan beri sedikit air kedalmnya. Setelah itu aduk hingga tercampur merata. Bersihkan terlebih dahulu daun sirih, dan hilangkan bau anyir daun sirih dengan merebusnya terlebih dahulu hingga 3 menit. Lalu cuci dan jemur hingga kering. Setelah kering masukkan kedalam adonan tadi dan goreng dengan menggunakan minyak. Jadilah keripik daun sirih

  1. Meningkatkan gairah seksual : Biasanya daun sirih untuk keperluan ini dijadikan sebagai membuat organ kewanitaan (vagina) menjadi lebih keset. Bisa dipakai untuk dibasuh seperti pada ramuan untuk menghilangkan keputihan, atau bisa juga dicampur dengan bahan lainnya seperti kulit jeruk purut dan cendana untuk pengasapan pada bagian vagina. Tujuannya untuk menyeimbangkan kelembaban, dan sebagai antiseptik. Serta untuk meningkatan gairah seksual wanita, karena vagina yang keset dan tidak bau akan menambah percaya diri bagi wanita.

Demikian manfaat dari daun sirih. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi manfaat daun sirih. Untuk mendapatkan daun sirih ini juga relatif mudah, meskipun anda sendiri tidak menanamnya. Anda bisa mencari atau membelinya di pasar-pasar tradisional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar